Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth,Troughput dan Latency ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth ?
Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth ? 


Pengertian Bandwidth

   Bandwidth merupakan ukuran dari banyaknya informasi atau data (bit)
yang dikirim dari suatu perangkat  ke perangkat lain dalam satu detik. Bandwidth digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun aliran data digital.

   Satuan yang digunakan dalam pengukuran Bandwidth adalah bit per second (BPS) . Dikehidupan sehari-hari kita sering mendengar pengertian dari Bandwidth Internet adalah sebuah batas maksimal kecepatan yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia jasa layanan Internet kepada kita cohtohnya seperti  Telkomsel. Diibaratkan sebuah pipa yang dilewati oleh air, jika ukuran pipa tersebut semakin besar maka air yang dikirim pun akan semakin besar pula.

Bandwidth di bagi kedalam 2 macam, Yaitu :

1. Bandwidth Analog

Merupakan rentang antara frekuensi yang terendah dengan frekuensi yang tertinggi yang digunakan pada transmisi signal radio (digital ataupun analog) dalam satuan Hertz (Hz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

2. Bandwidth Digital 

Merupakan jumlah dari banyaknya data (bit) yang dapat dikirimkan dan diterima melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi dalam 1 detik. Satuannya adalah bits, Byte, Kilo, Mega, Giga. 

1Byte (1B) = 8bits
1Kilobit(1kb) = 1.000bits
1KiloByte(1KB) = 8.000bits
1Megabit(1Mb) = 1000.000bits
1Gigabits(1Gb) = 1.000.000.000 bits

Baca Juga : Apa Itu Virtual Private Network (VPN) ?

Fungsi Bandwidth

Bandwidth Uplink atau Upload (Batas kecepatan upload).

   Upload merupakan sebuah proses saat kita mengunggah atau mengirim data dari perangkat kita bisa berupa text, gambar, video, dll ke perangkat lain menggunakan suatu jaringan komputer/internet.Contohnya seperti ketika mengunggah sebuah foto ke Sosial Media seperti Facebook. Meskipun kita hanya mengirim sebuah pesan melalui Facebook, Whatsapp, BBM, dan lain sebagainya itu disebut dengan upload.

Bandwidth Downlink atau Download (Batas kecepatan download).

   Download merupakan proses mengambil/mengunduh data dari perangkat lain atau internet bisa berupa text, gambar, video, dll ke perangkat kita dengan menggunakan jaringan komputer atau internet.Contoh sederhananya seperti ketika Kamu browsing, Kamu sudah melakukan kegiatan yang disebut dengan download karena komputer atau perangkat yang sedang kamu gunakan sudah mengambil data dari internet.

Cara Kerja Bandwidth tentunya mempunyai kelemahan, salah kelemahannya adalah bandwidth tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya.

    Pengertian Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.

      Jika misal bandwidth Anda yang Anda ketahui adalah sebesar 64 kbps, lalu Anda ingin mendownload file dari Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer Anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun apa yang terjadi, file tersebut tiba di perangkat kita dalam waktu 8 detik. Hal itu membuktikan kalau bandwidth yang sebenarnya hanya 128kb/8 detik = 16 kbps.

Faktor yang  Mempengaruhi  Kecepatan Bandwidth dan Throughput, Yaitu Sebagai berikut :
  1. Perangkat jaringan yang digunakan.
  2. Topologi jaringan yang digunakan.
  3. Tipe data yang ditransfer.
  4. Banyaknya pengguna jaringan.
  5. Spesifikasi komputer server.
  6. Spesifikasi komputer client/user.
  7. Induksi listrik maupun cuaca.
Pengertian Latency

     Latency adalah salah satu hal yang digunakan untuk mengukur performa jaringan. Jadi bukan hanya bandwidth yang harus anda perhatikan ketika kita mengelola jaringan, tetapi latency juga harus diperhatikan. Pada post kali ini akan di bahas mengenai pengertian latency yang ada di dalam suatu jaringan. 

Pengertian Latency di Dalam Jaringan

     Latency berhubungan dengan banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan dari ujung jaringan ke ujung  jaringan yang lain.Latency diukur secara strict dalam bentuk waktu. Sebagai contoh misalnya suatu jaringan untuk mengirim pesan membutuhkan waktu 24 miliseconds (ms) dari pengirim ke penerima .

     Terkait latency terdapat istilah round-trip time atau RTT, yaitu seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan dari ujung A ke B dan sebaliknya.
Komponen Latency

Berbicara tentang latency, latency memiliki tiga buah komponen utama yaitu:

1. Speed-of-light propagation delay

    Sering disebut delay perambatan kecepatan cahaya terjadi karena tidak ada satupun media yang dapat memiliki kecepatan melebihi kecepatan cahaya, termasuk kabel jaringan. Jika kita mengetahui jarak dari dua titik, kita dapat menghitung latency dari kecepatan cahaya tetapi kita harus berhati-hati karena  cahaya dapat merambat melalui medium yang berbeda dengan kecepatan yang berbeda pula.

    Di ruang hampa kecepatan cahaya memiliki kecepatan kira-kira secepat 3.0 x 10^8 m/s. Jika melalui kabel kecepatannya menurun menjadi 2.3 x 10^8 m/s, sedangkan di  kabel fiber kecepatannya hanya 2.0 x 10^8 m/s.

2. Waktu untuk transmisi data

   Komponen yang kedua yaitu  waktu untuk melakukan transmisi suatu data yang merupakan bagian dari bandwidth jaringan dengan mempertimbangkan ukuran (size) dari paket/data yang dibawa.

3. Antrian dalam Jaringan

     Komponen yang ketiga adalah antrian yang mungkin terjadi di dalam jaringan misalnya paket yang disimpan beberapa saat sebelum di forward  ke beberapa lokasi. Dari ketiga komponen tersebut kita dapat mendefinisikan latency sebagai :

Latency = Propagation + Transmit + Queue
Propagation = Distance / Speed of Light
Transmit = Size / Bandwidth

Keterangan: Distance merupakan panjang kabel yang dilalui oleh data. Speed of Light merupakan kecepatan cahaya efektif ketika melewati jaringan kabel. Size adalah ukuran dari paket atau data, dan Bandwidth adalah bandwidth yang ada ketika paket di transmisikan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth,Troughput dan Latency ?
Analisis Bandwidth, Troughput dan Latency 


Analisis Bandwidth

Bandwidth merupakan banyaknya kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

    Bandwidth seperti diungkapkan di atas adalah kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik
bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu:

1.Bandwidth Digital merupakan jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

2.Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

    Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. contoh: jika anda mempunyai bandwidth 1 mb tetapi kemudian dipakai lagi oleh orang lain maka kecepatan banwidth akan menurun itulah yang dinamakan Troughput.

    Kebutuhan bandwidth dalam jaringan: Agar penggunaan bandwidth efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan untuk dirinya, sehingga dapat menghitung total bandwidth yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang digunakan semakin besar pembayaran bulanan pada ISP

    Keragaman kebutuhan bandwith sesuai kebutuhan, misal smk nu maarif mempunyai  2 ruang lab. Komputer yang terhubung untuk browsing (tidak digunakan untuk download). Hitung kebutuhan bandwidth secara ideal.

Analisa kebutuhan bandwidth  

#Contoh : SMK NU MAARIF

1. Penggunaan internet di sekolah banyak digunakan untuk layanan web atau browsing. Layanan web membutuhkan bandwidth minimal 128 Kbps.

2. Lab. Komputer 2 ruangan, masing-masing 40 komputer. Total komputer adalah 40*2=80 komputer.

3. Kebutuhan bandwidth adalah 128 Kbps *80=10240 Kbps.
 Jadi SMK NU MAARIF minimal harus punya bandwidth 10240 kbps atau 10 mbps agar pada saat browsing internetnya tidak menjadi lambat.

Sekian bagaimana Cara Menganalisis Bandwidth semoga bermanfaat untuk sobat jangan lupa komentar dan share jika postingan ini dirasa bermanfaat.

Referensi :