Sejarah dan Perkembangan Gadget Di Dunia

Sejarah dan Perkembangan Gadget Di Dunia
Sejarah dan Perkembangan Gadget Di Dunia

Apa Itu Gadget ?

Dalam arti singkat gadget merupakan suatu objek teknologi (Alat) dengan fungsi yang canggih dan lebih praktis.

Selain itu gadget juga memiliki desain dan bentuk yang lebih sempurna dan praktis di bandingkan teknologi sebelumnya.

Contohnya seperti : Laptop dan smartphone, keduanya merupakan sebuah gadget yang berasal dari teknologi sebelumnya.

-       Laptop yang berasal dari komputer desktop
-       dan Smartphone yang berasal dari Telephone Genggam

Baca Juga : Pengertian Gadget Secara Umum

Di Zaman yang serba canggih ini, manusia tidak bisa lepas dari perangkat Teknologi seperti halnya Gadget, Telephone Genggam (HP) dan lain sebagainya. Hampir semua orang di dunia pasti menggunakan yang namanya Gadget. Mulai dari Laki-laki, Perempuan, Orang Dewasa bahkan sampai Anak-anak sudah menggunakan yang namanya Gadget, Hal ini Dikarnakan gadget dapat membantu meringankan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.


Perkembangan Gadget Dari Masa ke Masa


Perkembangan gadget pada mulanya berasal dari perangkat yang bernama Handphone (HP). dan HP merupakan hasil perkembangan dari perangkat yang namanya Telephone yang merupakan alat komunikasi yang menggunakan kabel sedangkan Handphone tidak menggunakan kabel dan Handphone ini juga bersifat portable yang artinya Praktis & dapat di bawa kemana-mana, karena ukurannya yang kecil dan dapat dimasukan kedalam saku baju atau celana. Di indonesia ada Dua jenis jaringan Handphone Nirkabel yaitu GSM ( Global for Mobile Telecommunications ) Contohnya : Telkomsel. Dan ada juga jaringan CDMA ( Code division Multiple Access ) Contohnya : Smartfren. Kedua jaringan nirkabel ini juga masih di gunakan di indonesia sampai saat ini loh..

Awal mula ditemukannya Telpon Selular di tahun 1921 tidak lepas dari perkembangan Radio, Ketika itu departemen kepolisian Detroit Michigan sedang mencoba Telpon mobile Satu Arah dan percoban ini berjalan dengan lancar, Kemudian menggunakan komunikasi satu arah pada semua mobil patroli pada tahun 1928 dengan menggunakan frekuensi 2 MHz. 

Pada perkembangan selanjutnya Radio Komunikasi  berkembang menjadi komunikasi Dua Arah dengan menggunakan Frequency Modulated (FM) yang ditemukan pada tahun 1940 oleh Galvin Manufactory Corporation atau yang sekarang dikenal dengan Motorola , Mengembangkan  Portable Handietalkie SCR536 yang digunakan sebagai alat komunikasi di medan perang pada saat terjadinya perang dunia ke II

Di Amerika Serikat HP untuk pertama kali di gunakan tepatnya pada tahun 1947 dan pada tahun ini juga  Handphone ini mulai dikomersialkan ke seluruh penjuru dunia. Dan mulai bermunculan perusahaan-perusahaan yang memproduksi HP seperti Nokia, Motorola, Siemens dan Sony Ericksson. 

Generasi ke- 0 / (0G)



Generasi ke- 0 / (0G)
Generasi ke- 0 / (0G)
Berawal dari Radio Handy Talky (HT), HT dapat berkomunikasi karena terdapat pemancar dan penerima (Sender & Receiver) pada masing masing perangkat. Handy Talky di biasa gunakan pada saat berperang dan  digunakan pada saat berlangsungnya perang dunia ke  II . Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dan dapat bekerja secara efektif dalam radius 10 sampai dengan 20 mil. Sistemnya pun masih menggunakan sistem radio VHF untuk menghubungkan telpon secara langsung dengan jaringan koneksi. Generasi 0 / 0G diakhiri dengan ditemukannya konsep modern dari insinyur-insinyur dari Bell Labs pada tahun 1947. Mereka mulai menemukan konsep penggunaan ponsel hexagonal sebagai dasar dari telpon selular. Namun, sayangnya konsep ini baru mulai di kembangkan pada pada tahun 1960-an.

Generasi ke- 1 / (1G)


Generasi ke- 1 / (1G)
Generasi ke- 1 / (1G)
Pada generasi inilah handphone mulai menunjukan perkembangannya, seperti dari jaman monocehome ke jaman yang berwarna. kemudian di perkenalkanlah telpon selular, yang pada saat itu memiliki berat sekitar 800 gram. Wow beratnya hampir 1 kg ya kawan-kawan atau 0.8 kg, telpon ini juga memiliki antena dan safat analog yang berjalan pada frequensi sekitar 825Mhz. Memiliki tombol angka dan portable.

Sistemnya pun masih menggunakan bersifat regional. Salah satu kekurangan dari telepon selular generasi ini adalah ukurannya yang masih terlalu besar dan beratnya untuk di pegang oleh tangan. Ukurannya yang besar ini di karenakan keperluan tenaga dan performa baterai yang masih belum memadai ( belum cukup baik ). Selain itu telpon selular generasi ini  juga masih terbatas dalam jangkauan areanya.

Generasi ke- 2 / (2G) 


Generasi ke- 2 / (2G)
Generasi ke- 2 / (2G)
Pada generasi ini mulai ditemukannya sinyal digital sebagai pengganti sinyal analog dari telpon selular generasi sebelumnya, sinyal digital di temukan pada tahun 1990. Terdapat juga dua jaringan nirkabel yaitu GSM dan CDMA yang diperkenalkan Amerika Serikat. Telpon selular pada generasi ke-2 ini Sangat di unggulkan  pada saat itu karena sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti pesan suara, panggilan tunggu, dan Short Message Service atau yang sekarang dikenal dengan sebutan SMS. 

Eits,..bukan itu saja keunggulan telpon selular generasi ke 2 ini, bentuk dari telpon selular generasi ini juga relatif lebih kecil dan ringan karena sudah menggunakan teknologi chip digital dan menggunakan sinyal radio yang sangat rendah sehingga lebih meminimalisir adanya radiasi yang dapat membahayakan penggunanya.

Generasi ke- 3 / (3G)


Generasi ke- 3 / (3G)
Generasi ke- 3 / (3G)
Pada generasi ketiga atau yang kita kenal dengan istilah 3G memungkinkan operator jaringan untuk memberi jangkauan yang lebih luas bagi para penggunanya, termasuk internet dan vidio call yang berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA-2000. Kelemahan dari telpon selular generasi ini adalah biaya yang relatif lebih mahal dan kurangnya cakupan jaringan karena masih belum tersebar luasnya teknologi ini. Namun yang sangat menarik dari telpon selular (3G) adalah sudah mulai digunakannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel yang lumayan lengkap bahkan hampir mendekati Personal Computer (PC). Sistem operasi yang digunakan adalah sistem operasi Symbian, Android dan Windows Mobile.

Generasi ke-4 / (4G)


Generasi ke-4 / (4G)
Generasi ke-4 / (4G)
Handphone (HP) pada generasi ke-4 (Sekarang) lebih dikenal dengan sebutar Smartphone. sangat dekat dengan manusia karena dapat membantu pekerjaan manusia dibantu oleh smartphone ini. Perangkat canggih ini sudah mengintegrasikan teknologi wiriless yang sudah ada seperti Bluetooth, Tething dan lainnya sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun . 

Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP (internet Protocol) yang memungkinnya user (pengguna) menggunakan beragam sistem kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan pengalaman berinternet dengan kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global dan fleksibilitas untuk menggunakan berbagai teknologi yang berbeda-beda. 4G juga memberikan pelayanan pengiriman data yang cepat untuk mengakomodasi beragam aplikasi seperti Game Online , Vidio Call dan yang lainnya.

Sekian artikel tentang sejarah dan perkembangan gadget di dunia jika dirasa bermanfaat silahkan dishare, Terimakasih :)


.